Custom Search

di tulis oleh Andi Bonsai

Perlu dimengerti bahwa tidak ada satu bagianpun dari tanaman yang kebal terhadap serangan hama dan penyakit. Mulai dari akar sampai daun akan dapat terkena serangan hama dan penyakit.
Ada banyak jenis baik hama maupun penyakit yang menyerang tanaman, tetapi yang akan saya bahas hanyalah beberapa hama dan penyakit yang terkadang menyerang bonsai.

AKAR.

Merupakan bagian tersulit dari tanaman untuk mengetahui apakah terkena serangan hama maupun penyakit, sebab akar terpendam didalam tanah. Biasanya diketahuinya akar telah terkena serangan hama/penyakit jika tanaman terutama daun menunjukkan gejala layu yang kemudian diikuti dengan mengeringnya daun. Berhubung akar ada didalam tanah dan sulit untuk mengetahui apakah terserang hama/penyakit, maka tindakan pencegahan dengan mensterilkan media sebelum dipakai dan selalu menjaga kebersihan media adalah solusi yg paling tepat. 
Jenis hama dan penyakit yang biasa menyerang akar :
  • Cendawan : golongan phytophthora sp.
  • Hama : ulat tanah ( kelompok agrotis sp
  • Nematoda : sejenis cacing parasit
  • Bakteri


BATANG.

Untuk mengetahui adanya serangan hama/penyakit pada bagian batang akan lebih mudah karena bisa dilihat langsung.
Ciri atau tanda jika batang terkena cendawan biasanya akan terdapat bercak putih kecil yang makin lama akan makin melebar.Ciri atau tanda jika batang terkena serangan hama serangga jenis penggerek batang, biasanya akan terdapat lubang kecil pd batang yg mengeluarkan lendir berwarna putih sampai warna keruh kecoklatan.

DAUN.

Merupakan bagian dari tanaman yg paling banyak terkena serangan hama/penyakit.
Serangan hama misal ulat, belalang, kutu pada daun akan gampang dikenali. Serangan cendawan pada daun biasanya dicirikan dengan adanya bintik-bintik noda kecil yang makin lama makin melebar, dan dibagian bawah helaian daun akan terdapat lapisan putih yang makin lama akan makin menebal dan meluas.

Referensi beberapa jenis pestisida untuk menanggulangi hama dan penyakit.
Hama : insektisida Agrothion 50 EC, Ambush 5 ULV, Dursban 5 EC, Furadan
3 G, Diazinon 10 G.......dll.
Cendawan : fungisida Difolatan 4 F, Benlate, DITHANE m-45.....DLL
Nematoda : nematisida Basamid G

0 komentar